MAKALAHSISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS ANDROID  UNTUK PARIWISATA DI DAERAH MAGELANG





                                                                        NAMA                 : POLTAK SITOMPUL                      
                                                          NPM                    : 141510071                                  
                                                          KODE KELAS   : 101-ISO23-M1                                  
                                                          DOSEN                :  Andi Supriadi Chan,S.Kom.,M.Kom



FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS PUTERA BATAM
BATAM
2017




KATA PENGANTAR

       Segala puji syukur  penulis  panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memmberikan rahmat  serta karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS ANDROID  UNTUK PARIWISATA DI DAERAH MAGELANG”.
Penulisan makalah ini merupakan salah satu syarat dalam menyelesaikan studi sarjana(S1)Program Studi Sistem Informasi di Universitas Putera Batam
Selama menyelesaikan makalah ini maupun selama mengikuti program studi,banyak pihak yang turut memberikan bantuan baik secara moril maupun material.
Untuk itu,pada kesempatan ini penulis mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada:

1. Bapak Andi Supriadi Chan,S.Kom.,M.Kom.,selaku dosen pembimbing mata kuliah Sistem        Informasi geografis
2. Kawan-kawan Prodi Sistem Informasi,yang juga dalam mata kuliah ini.

Penulis  menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini tidak luput dari kesalahan,baik dalam penyajian,materi,pembahasan lainnya. Oleh karena itu,kritik dan saran sangat diharapkan  demi perbaikan makalah ini. Akhir dari penulisan makalah ini  penulis berharap semoga makalah yang sederhana ini  dapat memberi mamfaat bagi pengebang ilmu pengetahuan di masa yang akan datang. Amin


                                                                               Penulis

                                                                               Poltak SItompul




DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
1.2. Identifikasi Masalah
1.3. Batasan Masalah
1.4. Rumusan Masalah
1.5. Tujuan Penelitian
1.6. Mamfaat Penelitian
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
1. Requirement Gathering
2. Analysis
3. Design
4. Development
5. Deployment
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
3.1. Hasil Perancangan Sistem
3.2. Hasil Implementasi Program untuk Admin
3.3. Hasil Implementasi Program untuk User
3.4. KESIMPULAN
3.5. DAFTAR PUSTAKA


                                                                           BAB I
                                                                  PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

             Magelang adalah salah satu daerah di Provinsi Tengah yang memiliki berbagai macam tempat Pariwisata yang berpotensi menjadi tempat Pariwisata yang ramai pengunjung sehingga dapat mendorong pendapatan daerah untuk naik. Salah satu obyek wisata yang menjadi andalan di Daerah Magelang adalah Candi Borobudur, Candi Borobudur merupakan tempat pariwisata yang ramai pengunjung setiap harinya baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Candi Borobudur adalah tempat bersejarah dan tempat beribadah bagi pemeluk Agama Budha. Disamping itu, masih banyak tempat Pariwisata yang memiliki potensi sama dengan Candi Borobudur di Daerah Magelang. Pemerintah Kota dan Kabupaten Magelang telah melakukan promosi melalui media masa seperti surat kabar dan brosur serta website, namun metode tersebut belum cukup untuk menginformasikan banyaknya potensi tempat wisata di Daerah Magelang kepada wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Penyajian informasi dalam bentuk website saja dirasa kurang informatif karena hanya berisi narasi saja. Oleh karena itu dibuatlah Aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) Lokasi Pariwisata di Daerah Magelang berbasis android guna memudahkan pengguna mendapatkan informasi berupa lokasi tempat pariwisata dan tempat pariwisata terdekat dari lokasi pengguna. Penyajian informasi dalam bentuk mobile device dirasa akan mempermudah pengguna untuk mendapatkan informasi ini kapan saja dan dimana saja hanya dengan mengoperasikan piranti mobile device berbasis android.
Memanfaatkan kemajuan teknologi mobile, maka penelitian ini bertujuan membangun sebuah aplikasi “Sistem Informasi Geografis (SIG) Lokasi Pariwisata di Daerah Magelang”. aplikasi ini dapat digunakan oleh user menggunakan piranti mobile device berbasis Android. User akan mendapat informasi terkait profil Kota Magelang, profil, Kabupaten Magelang, lokasi sekarang, daftar kategori tempat wisata beserta menu pencariannya. Selain itu user juga mendapatkan informasi berupa daftar nama tempat wisata, detail tempat wisata, dan rute perjalanan menuju tempat wisata. Aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) Lokasi Pariwisata di Daerah Magelang ini juga memiliki fitur tambahan, yaitu pencarian tempat kuliner dan juga pencarian tempat penginapan.


1.2. Identifikasi Masalah

1. Magelang adalah salah satu daerah di Provinsi Tengah yang memiliki berbagai macam tempat Pariwisata yang berpotensi menjadi tempat Pariwisata yang ramai pengunjung sehingga dapat mendorong pendapatan daerah untuk naik.
2. Pemerintah Kota dan Kabupaten Magelang telah melakukan promosi melalui media masa seperti surat kabar dan brosur serta website, namun metode tersebut belum cukup untuk menginformasikan banyaknya potensi tempat wisata di Daerah Magelang kepada wisatawan lokal maupun wisatawan asing.
3. Penyajian informasi dalam bentuk website saja dirasa kurang informatif karena hanya berisi narasi saja. Oleh karena itu dibuatlah Aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) Lokasi Pariwisata di Daerah Magelang berbasis android

1.3. Batasan Masalah  

Batasan masalah pada penelitian ini mencakup :
1. Peta virtual yang digunakan adalah Google Map.
2. Minimum requirement dari aplikasi ini adalah sistem operasi yang menggunakan     Android versi 2.2 Froyo
3.  Rute jalan yang dilewati adalah jalan umum yang ditentukan oleh Google Map.
4. Longitude dan latitude ditentukan oleh admin.
5. Data kuliner dan penginapan yang diinputkan ditentukan oleh admin dan hanya beberapa saja.
6. Petunjuk arah lokasi berdasarkan posisi user dari data GPS.

1.4. Rumusan Masalah

1. Bagaiman perkembangan pariwisata di magelang dengan memamfaatkan kemajuan teknologi?
2. Bagaimana kemajuan pariwisata di magelang dengan memamfaatkan aplikasi android dengan Petunjuk arah lokasi berdasarkan posisi user dari data GPS dan Peta virtual yang digunakan adalah Google Map?
3. Bagaimana penerapan penggunaan sistem operasi yang menggunakan     Android versi 2.2 Froyo dalam perkembangan pariwisata di magelang

1.5. Tujuan Penelitian

          Memanfaatkan kemajuan teknologi mobile, maka penelitian ini bertujuan membangun sebuah aplikasi “Sistem Informasi Geografis (SIG) Lokasi Pariwisata di Daerah Magelang”. aplikasi ini dapat digunakan oleh user menggunakan piranti mobile device berbasis Android. User akan mendapat informasi terkait profil Kota Magelang, profil, Kabupaten Magelang, lokasi sekarang, daftar kategori tempat wisata beserta menu pencariannya. Selain itu user juga mendapatkan informasi berupa daftar nama tempat wisata, detail tempat wisata, dan rute perjalanan menuju tempat wisata. Aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) Lokasi Pariwisata di Daerah Magelang ini juga memiliki fitur tambahan, yaitu pencarian tempat kuliner dan juga pencarian tempat penginapan.

1.6. Mamfaat Penelitian

         User akan mendapat informasi terkait profil Kota Magelang, profil, Kabupaten Magelang, lokasi sekarang, daftar kategori tempat wisata beserta menu pencariannya. Selain itu user juga mendapatkan informasi berupa daftar nama tempat wisata, detail tempat wisata, dan rute perjalanan menuju tempat wisata. Aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) Lokasi Pariwisata di Daerah Magelang ini juga memiliki fitur tambahan, yaitu pencarian tempat kuliner dan juga pencarian tempat penginapan.

                                                                        BAB II
                                                            TINJAUAN PUSTAKA

        Metodologi yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak (software) ini adalah Guidelines for Rapid Application Engginering (GRAPPLE). Metode ini merupakan pemodelan proses pengembangan perangkat lunak (software) dengan menitik beratkan pada aksi-aksi yang dilakukan disejumlah tahap, dimana setiap tahap akan menghasilkan (output) dengan bentuk yang berorientasi objek (Pressman, 2012).  Terdapat lima tahap dalam metodologi GRAPPLE yaitu :

1. Requirement Gathering
Pada tahap pertama yang dilakukan oleh pengembang perangkat lunak (software) adalah mengambil informasi lengkap, analisis masalah, fungsi, dan kebutuhan sistem termasuk dalam tahap Requirement Gathering.

2. Analysis
Di tahap analysis yang dilakukan adalah menggali lebih dalam hasil yang diperoleh dalam tahap sebelumnya. Tahap ini mengkaji permasalahan pengguna dan menganalisis solusinya.

3. Design
Tahap design dilakukan untuk merancang solusi yang dihasilkan oleh tahap analysisdan design dapat berjalan dua arah saling menyesuaikan sampai diperoleh rancangan yang tepat. Termasuk dalam tahap ini antara lain adalah implementasi model dan diagram.

4. Development
Tahap ini ditangani oleh pengembang program untuk membangun code program dan user interface. Pengujian program dan dokumentasi sistem dilakukan pada tahap ini.

5. Deployment
Tahap deployment adalah tahap pendistribusian produk yang dihasilkan kepada pengguna. Tahap ini mencakup instalasi dan perencanaan backup data bila diminta oleh pengguna sesuai dengan perjanjian sebelumnya.
Dalam penelitian ini tahapan yang dilakukan hanya sampai pengembangan atau development.



                                                                              BAB III
                                                            METODOLOGI PENELITIAN



3.1. Hasil Perancangan Sistem


                Perancangan sistem ini meliputi diagram use case. Ada dua diagram use case yaitu admin dan user umum.
Pada diagram use case admin ini dapat diketahui bahwa admin dapat melakukan berbagai hal, antara lain : login ke sistem, Pengolahan data Kota Magelang, Pengolahan data Kabupaten Magelang, Pengolahan data tentang, Pengolahan kategori wisata dan pengolahan data wisata, Pengolahan kategori kuliner dan pengolahan data kuliner,Pengolahan kategori penginapan dan pengolahan data penginapan, Pengolahan data akun. Adapun diagram use case dapat dilihat pada gambar 3.1



                                                                      gambar 3.1 use case admin

Pada diagram use case user ini dapat diketahui bahwa user dapat melakukan berbagai hal, antara lain: Melihat informasi Kota Magelang, Melihat informasi Kabupaten Magelang, Melihat informasi tentang, Melihat lokasi user, Melihat kategori tempat wisata dan melakukan pencarian tempat wisata, Melihat daftar tempat wisata, Melihat detail informasi tempat wisata, Melihat peta dan rute perjalanan menuju tempat wisata, Melihat kategori tempat kuliner dan melakukan pencarian tempat kuliner, Melihat daftar tempat kuliner, Melihat detail informasi tempat kuliner, Melihat peta dan rute perjalanan menuju tempat kuliner, Melihat kategori tempat penginapan dan melakukan pencarian tempat penginapan, Melihat daftar tempat penginapan, Melihat detail tempat penginapan, Melihat peta dan rute perjalanan menuju tempat penginapan.

3.2.  Hasil Implementasi Program untuk Admin

           Pada Halaman Admin dapat dilakukan beberapa hal terkait pengolahan data terhadap data lokasi wisata, kuliner, penginapan dan lain-lain.
Sebagai contoh Halaman wisata adalah halaman pengolahan data wisata, pada halaman ini admin dapat melakukan input data baru, edit data yang sudah ada, dan hapus data yang sudah ada. Data yang sudah diinputkan akan muncul pada tabel yang berada pada bagian bawah halaman wisata.  Tampilan halaman wisata admin

3.3. Hasil Implementasi Program untuk User

         Halaman menu user berisikan semua menu-menu yang ada pada aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) Lokasi Pariwisata di Daerah Magelang. diantaranya terdapat menu Kota Magelang, Kabupaten Magelang, tentang, lokasi sekarang, wisata, kuliner, dan penginapan. Tampilan menu utama user dapat dilihat pada gambar 4.12. Modul program bisa dilihat pada modul program 4.5
Ketika user memilih menu wisata, maka user akan langsung diarahkan menuju halaman kategori wisata. Kemudian user dapat memilih salah satu kategori wisata yang diinginkan. Misalnya user memilih kategori wisata candi. Maka akan keluar daftar tempat wisata yang masuk pada kategori candi kemudian user masih harus memilih salah satu tempat wisata sebelum user mendapatkan informasi terkait detail tempat wisata dan rute menuju tempat wisata. Misalnya user memilih tempat wisata yaitu Candi Pendem,
maka user akan mendapatkan informasi detail Candi Pendem yang berupa foto candi pendem, kategori, daerah, deskripsi singkat Candi Pendem, latitude, dan longitude. Pada menu detail wisata terdapat satu button yang akan mengarahkan user menuju halaman peta dan rute perjalanan menuju tempat wisata. Setelah user menekan button tersebut, user akan langsung diarahkan ke menu peta dan rute perjalanan menuju tempat wisata, pada menu ini terdapat sebuah map dan rute perjalanan menuju lokasi wisata yang dituju. Adapun tampilan halaman kategori wisata, sampai dengan peta rute dapat dilihat pada gambar 4.6.




Ketika user memilih menu penginapan, user akan langsung diarahkan menuju halaman kategori penginapan. Kemudian user dapat memilih salah satu kategori penginapan yang diinginkan. Misalnya user memilih kategori penginapan hotel. Maka akan keluar daftar tempat penginapan yang masuk pada kategori hotel. kemudian user masih harus memilih salah satu tempat penginapan sebelum user mendapatkan informasi terkait detail tempat penginapan dan rute menuju tempat penginapan. Misalnya user memilih tempat penginapan yaitu Hotel Atria, maka user akan mendapatkan informasi detail Hotel Atria yang berupa foto Hotel Atria, kategori, daerah, deskripsi singkat Hotel Atria, latitude, dan longitude. Pada menu detail penginapan terdapat satu button yang akan mengarahkan user menuju halaman peta dan rute perjalanan menuju tempat penginapan. Setelah user menekan button tersebut, user akan langsung diarahkan ke menu peta dan rute perjalanan menuju tempat penginapan, pada menu ini terdapat sebuah map dan rute perjalanan menuju lokasi penginapan yang dituju. Adapun tampilan halaman kategori penginapan sampai dengan peta rute dapat dilihat pada gambar 4.7.




3.4. KESIMPULAN

            Kesimpulan pada penelitian ini adalah telah dibangun sebuah aplikan Sistem Informasi Geografis (SIG) Lokasi Parwisata di Daerah Magelang. Sistem ini dibangun menggunakan software eclipse sebagai editor untuk coding android, dream weaver sebagai editor coding framework CodeIgniter, mysql sebagai database server, serta PHP sebagai bahasa pemrograman servernya. Adapun fitu-fitur pada sisem ini meliputi :
1. User dapat melakukan kunjungan wisata dengan memilih lokasi yang   ingin dkunjungi.
2. User dapat melakukan pencarian tempat wisata berdasarkan kategori, nama tempat wisata, radius, jarak terdekat, dan berdasarkan daerah.
3. User dapat menerima informasi berupa detail tempat wisata dan rute perjalanan menuju tempat wisata yang ingin dikunjungi.
4. Pengurutan jarak terdekat menggunakan metode bubble sorting.
5. Terdapat fitur tambahan yaitu pencarian tempat kuliner dan tempat penginapan.
6. Harus memiliki jaringan internet untuk dapat mengoperasikan aplikasi “Sistem Informasi Geografis (SIG) Lokasi Pariwisata di Daerah Magelang.
 7. Jaringan dibawah 3G menyebabkan pengambilan data ke server membutuhkan waktu lebih lama

3.5. DAFTAR PUSTAKA

Budianto, Eko, 2010. Sistem Informasi Geografis dengan Arc View GIS. Andi. Yogyakarta.
Chang, Kang–Tsung, 2002. Introduction To Geographic Information Systems. McGraw-Hill. New York.
Manongga Dani, Papilaya, 2009, Sistem Informasi Geografis untuk Perjalanan Wisata di kota Semarang     JURNAL INFORMATIKA VOL. 10 , NO. 1, MEI 2009: 1 - 9
Mulyadi, (2010). Membuat Aplikasi Untuk Android, Multimedia Center, Bandung.Andi, Yogyakarta.
Prahasta, Eddy, 2009, Sistem Informasi Geografis, Konsep-Konsep Dasar. (Perspektif Geodesi dan Geomatika) . Informatika. Bandung.
Pratomo Setiaji, 2001, Sistem informasi geografis obyek wisata di kabupaten kudus, Jurnal sains dan teknologi, Vol 4 No 2 Desember 2011
Pressman, 2012. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku, Satu). Andi, Yogyakarta.
Safaat, Nazaruddin, 2012, PemrogramanAplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Penerbit Informatika, Bandung.
Saputra Dwi Ardi, Yusmaini, 2012, Perancangan Sistem Informasi Geografis pariwisata Provinsi Lampung, Jurnal Informatika, Vol. 12, No. 2, Desember 2012
Tamada, R., http://androidhive.info/, (5 Oktober 2014, accessed 8 Oktober 2014).

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

ubikayukampung.blogspot.co.id